5 Tips Memilih Warna Cat Rumah Versi Barbara Jacobs

Berbagai warna cat terlihat bagus untuk diterapkan di dalam rumah.  Namun, saat memilih warna cat rumah tentu ada berbagai faktor yang harus dipertimbangkan.  Misalnya seperti, jenis ruangan, kombinasi warna dasar, dan jenis furnitur. 

Apakah kamu pernah mengalami kebingungan saat menentukan warna cat untuk rumah?  Jika ya, beberapa tips dari Barbara Jacobs ini bisa menjadi bahan pertimbanganmu.  Barbara adalah seorang owner perusahaan desain interior di California.  Perusahaannya memberikan layanan jasa pemilihan desain dan warna interior rumah.  So, ini dia tips memilih warna cat rumah yang patut untuk disimak!

Terapkan 5 Tips Ini Saat Memilih Warna Cat Rumah

Warna cat untuk rumah pribadi sangat tergantung dari selera si pemilik rumah.  Tidak perlu terlalu bergantung pada tren.  Jika kita memiliki inspirasi tersendiri terkait warna cat rumah yang diinginkan, jangan takut untuk berkreasi.  Berikut ini adalah tips dari Barbara yang bisa kita terapkan:

1. Pilih Warna Cat Rumah Berdasarkan Mood

Seperti yang sudah disampaikan diawal bahwa memilih warna cat rumah harus harus berdasarkan pada selera kita.  Menurut Barbara, pemilihan warna sesuai mood  berdasarkan jenis ruang juga sangat penting.  Misalnya, untuk ruang tidur kita membutuhkan suasana nyaman dan sejuk.  Nuansa ini dapat diwujudkan melalui warna-warna yang lembut.  Berbeda dengan ruang makan, jika menginginkan kesan hangat dan formal, kita bisa gunakan warna netral. 

Baca Juga : Membangun Bisnis yang Sukses dari Percetakan

2. Sesuaikan Warna Cat dengan Tata Cahaya Ruang

Biasanya saat membeli cat, penjual akan memberikan light boxes untuk mengetes warna cat yang kita inginkan.  Light boxes berfungsi menunjukkan warna asli saat kondisi normal.  Jika tata cahaya ruang berasal dari lampu pijar, maka warna yang akan terlihat menonjol adalah kuning dan warna-warna hangat. 

Sedangkan jenis lampu pendar dapat menghasilkan tone bernuansa biru di dalam inerior ruang.  Kita harus menyesuaikan jenis lampu dengan warna cat rumah yang kita inginkan.  Sebab jika salah pilih bisa saja nuansa ruangan justru terkesan menyeramkan atau terlalu silau.   

3. Ikuti Petunjuk dari Lingkaran Warna

Lingkaran warna adalah panduan yang digunakan oleh para desainer interior dalam memilih warna cat rumah.  Teori lingkaran warna digunakan jika kita ingin mengombinasikan lebih dari dua warna.  Melalui lingkaran warna, dua warna kontras dapat disatukan.  Misalnya hijau dan merah, keduanya adalah warna kontras dengan karakter terang dan gelap.  Bukan hal mustahil kedua warna ini disatukan melalui teori lingkaran warna. 

4. Lakukan Uji Warna

Sebelum benar-benar menentukan pilihan sebuah warna cat, ada baiknya kita melakukan pengujian pada di bagian tembok rumah yang cukup lebar.  Kita bisa aplikasikan beberapa alternatif pilihan warna.  Untuk menyederhanakan pilihan, kita bisa pilih warna-warna yang memang sesuai dengan tema ruangan. 

5. Mulai Pengecatan dari Ruangan Terkecil

Jika masih ragu dengan pilihan warna yang telah ditentukan.  Kita bisa melakukan pengujian lebih lanjut dengan cara mengecat ruangan paling kecil.  Misalnya kamar mandi, lorong, atau dapur.   Lebih aman jika menerapkannya di bagian dinding yang akan tertutup wallpaper.  Sebaiknya pilih area ruangan yang paling mudah tertangkap mata.  Sehingga kita akan lebih sering melakukan penilaian.

Hal paling penting yang harus kita lakukan dalam memilih warna cat rumah adalah melakukan mix & match.  Sebab banyak sekali kombinasi warna yang bisa kita gunakan.  Bisa saja warna yang paling cocok untuk kita ternyata menabrak aturan warna yang dipahami oleh para desainer.  So, gunakan intuisimu dan jangan terburu-buru dalam memilih warna ya! 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website at WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: